Yan Nurindra

Human Achievement Specialist

Ir Yan Nurindra Bin Sjafri
(30 Januari 1963 – 30 Agustus 2016)

Yan Nurindra adalah seorang Human Achievement Specialist yang melintasi berbagai disiplin pengetahuan pemberdayaan diri, mulai dari pemberdayaan pikiran sampai dengan pemberdayaan spiritual.

Ia menaruh minat yang sangat besar terhadap berbagai hal yang terkait dengan eksplorasi potensi dasar manusia, dimana hal ini membimbingnya untuk bersentuhan dengan beragam pengetahuan mengenai manusia & alam semesta.


Ketika remaja, ia sangat tertarik dengan bebagai fenomena mistik tradisional yang banyak tumbuh di nusantara, yang membuatnya berkesempatan melintasi berbagai ranah, mulai dari sufisme sampai dengan kejawen. Ia banyak menimba pengetahuan dari para guru-guru nusantara, mulai dari seorang Syech di pesisir Sumatera, seorang Sufi di selatan pulau Jawa, sampai dengan tokoh spiritual dari lingkungan keraton.


Setelah beranjak dewasa, ia mulai tertarik untuk mempelajari berbagai pengetahuan esoterik yang berasal dar luar Indonesia, mulai dari pengetahuan Ayurvedic dari India, berbagai teknik energi dari China & Jepang, berbagai ritual mistik yang berbasiskan Taoism, juga berbagai cabang Western Esoteric, termasuk Pagan dan Wiccan Magic.


Pada akhir tahun 90an, Yan Nurindra memperkenalkan teknik Reiki yang dipelajarinya dari seorang master dari Canada, kepada masyarakat Indonesia. Ia mengembangkan Reiki dan berbagai teknik penyembuhan holistik lainnya, melalui lembaga esoterik yang dikenal dengan nama Mahameru Light Healing Institute. Lembaga ini di-non aktifkan pada tahun 2003, dan telah menghasilkan alumni lebih dari 18.000 orang, yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, juga di beberapa negara Asean.


Memasuki millennium baru, Yan Nurindra mulai tertarik kepada fenomena kekuatan pikiran (Mind), yang dianggapnya lebih dapat menjelaskan berbagai fenomena dan pengetahuan yang telah dimilikinya sebelumnya. Ia mulai lebih intensif untuk mempelajari berbagai teknik pemberdayaan diri moderen, bahkan ia mulai menterjemahkan berbagai pengetahuan tradisional yang dimilikinya ke dalam pengertian-pengertian yang lebih moderen.

Yan Nurindra merupakan tokoh yang pertama kali memperkenalkan pengajaran Hypnosis & Hypnotherapy moderen kepada masyarakat Indonesia. Sampai saat ini ia telah mengajarkan pengetahuan Hypnosis & Hypnotherapy kepada ribuan orang di lingkup Indonesia & Asean. Oleh karena itu di kalangan praktisi Hypnosis ia dijuluki sebagai “The Dean of Indonesian Hypnotists” ……!

Dengan berbagai pengalaman dan pemahamannya yang melintasi ranah tradisional dan moderen, maka pada saat ini Yan Nurindra adalah seorang pakar pemberdayaan diri yang dapat mengupas berbagai kajian pemberdayaan diri secara holistik.

TRANZCARE | YAN NURINDRA SCHOOL OF HYPNOTISM | PRANA SAKTI | NEO NLP | COACH