Glossary of Hypnosis Terms

Abreaction / Abreaksi : ekspresi dan pelepasan emosional dari materi bawah sadar (sebagai ide atau emosi yang ditekan) dengan verbalisasi terutama di hadapan terapis
Affirmations / Afirmasi : Tindakan menegaskan; sesuatu yang ditegaskan; sebuah pernyataan positif. Afirmasi adalah metode yang berguna untuk “memprogram” pikiran Anda untuk bertindak dengan cara tertentu.
Alignment / Meratakan : Untuk mencocokkan perilaku atau pengalaman orang lain dengan masuk ke garis pandang dan pemikiran yang sama dengan orang tersebut.
Age Regression :Sebuah fenomena dalam hipnosis yang melibatkan pemberian sugesti kepada subjek yang dihipnotis bahwa dia lebih muda sehingga dia akan menghidupkan kembali pengalaman tertentu yang terjadi pada usia ini.
Alpha : Suatu keadaan pikiran di mana aktivitas gelombang otak melambat selama kita mengalami hipnosis dan yang kita lewati dalam perjalanan ke dan dari keadaan tidur.
Alpha Rhythm : Pola dominan (8 sampai 13 cps) dari gelombang otak orang dewasa yang istirahat tapi terjaga.
Altered Consciousness/ Kesadaran yang Diubah : Sinonim dengan alfa; terminologi yang digunakan untuk merujuk pada keadaan pikiran yang kita alami selama hipnosis, meditasi, atau segala bentuk trance
Anchor / Jangkar : Stimulus spesifik; penglihatan, suara, kata atau sentuhan yang secara otomatis memunculkan memori tertentu dan keadaan tubuh dan pikiran. Contoh: “Lagu Kami”
Anchoring / Memasang Jangkar: Menetapkan pemicu yang, ketika diaktifkan, akan memicu respons tertentu; ini terjadi secara acak dalam hidup, tetapi dapat disarankan selama hipnosis (lihat juga triggers /pemicu).
Associated – Terkait : Melihat dunia dari mata Anda sendiri. Mengalami kehidupan dalam tubuh Anda. Lihat juga Posisi Pertama. Kontras dengan Disosiasi dan Orang Ketiga.
Aversion Suggestion -Saran tidak dikehendaki : Saran yang diberikan yang menekankan aspek negatif dari suatu kebiasaan, seperti menemukan asap yang berbau tidak sedap dan/atau membuat seseorang sakit.
Awakening / Membangunkan : Tindakan membawa seseorang keluar dari trans dan ke kesadaran penuh.
BCH – Board of Certified Hypnotherapy
Beta : Keadaan pikiran yang kita alami selama sebagian besar waktu kita terjaga, mode berpikir.
Beta Rhythm :Pola dominan (14 hingga 25 cps) gelombang otak yang ditemukan pada orang dewasa yang waspada yang merespons suatu stimulus..
Chunk Size /Ukuran Potongan : Orang yang berorientasi pada detail adalah “small chunkers/pembongkar kecil” – Orang yang berpikir secara umum adalah “large chunkers /pembongkar besar – mereka melihat gambaran besar. ..
Certification /Sertifikasi – istilah yang banyak digunakan dalam kaitannya dengan pelatihan Hipnosis atau organisasi pendaftaran yang menunjukkan beberapa jenis bukti penyelesaian pelatihan. Misal : CH – Certified Hypnotist/Certified Consulting Hypnotist/Hypnotherapist
Congruence / Kesesuaian – Ketika tujuan, pemikiran, dan perilaku sejalan..
CPS – Cycles Per Second /Siklus Per Detik :(seperti dalam mengukur aktivitas gelombang otak)
Criteria /Kriteria – (Value/Nilai): Standar yang digunakan untuk mengevaluasi sesuatu.
Deepening: Pendalaman dalam hipnosis, ini mengacu pada pencapaian kondisi trance yang lebih mendalam.
Delta : Keadaan pikiran yang kita masuki selama tidur nyenyak, ketidaksadaran total.
Delta Rhythm : Kurang dari 4 cps, biasanya direkam selama tidur nyenyak, terkadang direkam pada tersamar yang terjaga.
Direct Suggestion / Saran Langsung – Saran yang diberikan sebagai perintah
Dissociated : Melihat/mengalami suatu peristiwa dari luar tubuhnya sendiri. Contoh: Melihat diri Anda di layar film. Mengambang di atas suatu peristiwa dan melihat diri Anda sendiri. Kontras dengan Associated.
Ecology / Ekologi : Dari ilmu biologi. Kepedulian terhadap seluruh orang/organisasi sebagai sistem yang seimbang dan saling berinteraksi. Ketika perubahan bersifat ekologis, seluruh orang dan organisasi (atau keluarga) diuntungkan.
Ericksonian : metode hipnosis tidak langsung dinamai Dr Milton Erickson. Seorang psikiater dan psikolog Amerika terkemuka, Erickson secara luas dianggap sebagai “bapak hipnoterapi”. Penemuannya telah mempengaruhi spektrum terapi yang luas dari terapi keluarga strategis hingga NLP.
Ego States – lihat parts therapy
Expectancy / Harapan : Tindakan, antisipasi, atau keadaan mengharapkan. Memiliki harapan akan hasil tertentu.
Expectation/Harapan : Tindakan atau keadaan mengharapkan, antisipasi, kata lain untuk harapan.
Eye-Accessing Cues /Isyarat yang Mengakses Mata : Gerakan mata yang tidak disadari yang memberi tahu kita jika seseorang melihat gambar, mendengar suara, atau mengalami perasaan.
Eye-Fixation:Teknik induksi yang melibatkan menatap suatu objek.
False Memories : Memori yang merupakan distorsi dari pengalaman aktual atau yang dibayangkan. more>>
First Position : Melihat/mengalami dunia melalui mata sendiri dan dengan tubuh sendiri.. See Associated.
FMS – False Memory Syndrome more>>
Future Pace – Sebuah proses untuk menghubungkan status sumber daya ke isyarat tertentu di masa depan seseorang sehingga sumber daya akan muncul kembali secara otomatis. Also see Anchor, Resource State.
Gestalt therapy / Terapi Gestalt – Terapi humanistik, yang dikembangkan oleh Fritz Perls, yang mendorong klien untuk memenuhi kebutuhan yang muncul sehingga kebaikan bawaan mereka dapat diekspresikan, untuk meningkatkan kesadaran mereka akan perasaan yang tidak diakui, dan untuk mendapatkan kembali bagian kepribadian yang telah ditolak atau tidak diakui. more>>
Guided Imagery – Penggunaan kekuatan imajinasi Anda secara terfokus (bukan fantasi) Ini membentuk pola energi dalam pikiran dan tubuh Anda yang dapat memiliki efek mendalam pada keadaan kesejahteraan Anda.
Hypnosis/Hipnosis – keadaan yang menyerupai tidur tetapi diinduksi oleh seseorang yang sugestinya mudah diterima oleh subjek. Keadaan trance. Seni dan ilmu mengubah persepsi, proses, dan keadaan pikiran diri sendiri atau orang lain.
Hypnotherapist: Seorang profesional terlatih yang menggunakan hipnosis untuk membantu orang dengan peningkatan diri dan/atau untuk tujuan terapeutik.
Hypnotherapy: Penggunaan hipnosis untuk perbaikan diri dan/atau untuk tujuan terapeutik. .
Hypnotic Gestalt Therapy : Proses membimbing orang lain ke dalam hipnosis dan melakukan Gestalt Approach sebagai pokok treatment nya.
Hypnotic Regression Therapy: Proses membimbing orang lain ke dalam hipnosis dan melakukan regresi sebagai pokok treatment nya.
Hypnotism : Studi atau tindakan mendorong hipnosis.
Hypnotist: Siapapun yang membimbing orang lain ke dalam hipnosis.
Ideomotor Responding: Meminta klien menjawab pertanyaan melalui gerakan jari.
Imagery: Menggunakan imajinasi untuk berfantasi atau mengingat peristiwa.
Indirect Suggestion/Saran Tidak Langsung : Saran permisif.
Induction/Induksi: – Sebuah teknik yang memandu (menginduksi) seseorang ke dalam keadaan hipnosis.
Initial Sensitizing Event / Peristiwa Kepekaan Awal : Peristiwa emosional yang merupakan ASAL dari masalah tertentu, menciptakan kepekaan terhadap perasaan; seperti claustrophobia ditelusuri kembali ke terkunci di lemari pada anak usia dini.
ISE – Initial Sensitizing Event
Kinesthetic / Kinestetik : Modalitas sensorik sentuhan, ketegangan otot (sensasi) dan emosi (perasaan).
Mesmerism : Istilah awal untuk hipnosis dan induksi hipnosis yang didirikan oleh dan dinamai Franz Anton Mesmer
Meta Program : Sebuah program mental yang beroperasi di berbagai konteks kehidupan seseorang.
Mirroring : Menempatkan diri dalam postur yang sama dengan orang lain, untuk mendapatkan hubungan baik/rapport.
Modeling : Proses NLP mempelajari contoh hidup keunggulan manusia untuk menemukan perbedaan penting dari pemikiran dan perilaku yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan hasil yang sama.
Motivational Direction /Arahan Motivasi – (Meta-Program): Sebuah program mental yang menentukan apakah seseorang bergerak menuju atau menjauh dari pengalaman. ..
NGH – National Guild of Hypnotists – Perkumpulan Hipnosis terbesar di dunia yang didirikan sejak tahun 1951. Di dalam NGH bernaung banyak nama besar yang telah melegenda dalam dunia hipnoterapi internasional, seperti Dr. Dwight Damon, Don Mottin, Gerald Kein, Calvin Banyan, Julie Griffin dan masih banyak lagi legenda hidup lainnya.
NLP – Neuro-Linguistic Programming – Ilmu dan seni memodelkan orang lain untuk menghasilkan perilaku dan hasil yang serupa pada diri sendiri atau orang lain. Richard Bandler menciptakan istilah tersebut pada tahun 1975 saat belajar dengan rekannya, John Grinder. Mereka mencontoh terapis paling efektif di dunia (Milton H. Erickson, Gregory Bateson, Fritz Perls, Virginia Satir, dll.)
Old Tapes / Kaset Lama : Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan ingatan yang diputar ulang dalam imajinasi dengan cara yang memengaruhi perilaku dan/atau sikap.
Original Sensitizing Event/ Peristiwa Kepekaan Asli : Nama alternatif untuk peristiwa kepekaan awal.
Pacing : Mencocokkan perilaku, postur, bahasa / prediksi orang lain untuk membangun hubungan baik / build rapport.
Parts Therapy: teknik hipnosis kompleks di mana terapis berbicara dengan berbagai bagian pikiran, seperti anak batiniah dan orang dewasa batiniah – juga disebut ego states therapy
Past Life Therapy/ Terapi Kehidupan Masa Lalu: regresi ke kehidupan masa lalu yang nyata atau imajiner.
PH – Post Hypnotic suggestion
PLR – Past Life Regression
PLT – Past Life Therapy
(PLR is used more often)
Post-Hypnotic Suggestion : Sebuah saran yang diberikan selama keadaan trance yang ditindaklanjuti setelah muncul dari keadaan trance
PR – Progressive Relaxation
Progressive Relaxation/Relaksasi Progresif: sejenis induksi yang melibatkan relaksasi progresif berbagai bagian tubuh
PT – Parts Therapy
Rapport : Perasaan nyaman antara klien dan penghipnotis yang menghasilkan tingkat kepercayaan, menghasilkan kemampuan yang lebih besar untuk menanggapi sugesti.
Reframing /Membingkai ulang : Menggunakan imajinasi untuk membayangkan hasil yang berbeda dari peristiwa masa lalu, seperti menggabungkan terapi Gestalt dengan terapi regresi untuk memfasilitasi pelepasan; juga digunakan dalam NLP dengan guided imagery
Regression Regresi : Kembali ke masa selama trance untuk mengingat peristiwa masa lalu, dan mengulangnya dalam imajinasi, seringkali dengan emosi yang menyertainya.
Resource State : Meskipun pengalaman apa pun bisa menjadi Status Sumber Daya, biasanya itu adalah pengalaman yang positif, berorientasi pada tindakan, dan berpotensi terpenuhi dalam kehidupan seseorang.
Second Position : Melihat/mengalami suatu peristiwa dari sudut pandang orang yang berinteraksi dengan Anda.
Self-Hypnosis : Keadaan trance yang dipicu oleh diri sendiri..
Sensory Modalities / Modalitas Sensorik : Urutan representasi internal dan perilaku yang mengarah pada hasil.
Stage Hypnosis : Penggunaan hipnosis publik semata-mata untuk tujuan hiburan..
State : Kombinasi dari pikiran langsung dan fisiologi seseorang pada saat tertentu..
Subconscious /Bawah sadar: bagian dari pikiran kita yang merupakan pusat imajinasi, emosi, kemampuan artistik (dan keterampilan lainnya), dan yang menangani banyak fungsi tanpa kesadaran kita, seperti fungsi otomatis organ kita, dll.
Submodalities : Komponen yang membentuk Modalitas Sensorik. Contoh: Dalam modalitas visual; submodalitas termasuk warna, kecerahan, fokus, dimensi, dll.
Subjects/Subyek (hipnosis): istilah yang digunakan oleh banyak orang untuk menggambarkan seseorang yang berada dalam hipnosis (CATATAN: kata “klien” digunakan dengan frekuensi yang meningkat oleh Hipnoterapis).
Systematic Desensitization/Desensitisasi Sistematis: penggunaan citra terprogram secara sistematis untuk membantu menghilangkan kepekaan seseorang dari kecemasan atau fobia
Theta: keadaan pikiran yang kita alami saat bermimpi
Theta Rhythm: (4 hingga 7 cps) biasanya direkam oleh EEG dari bagian subkortikal otak. .
TICHER /The International Center for Hypnosis Education and Research: Perhimpunan hipnoterapi yang didirikan oleh Julie Griffin, BCH.
Time Distortion/Distorsi Waktu: istilah untuk fenomena unik di mana kita kehilangan kesadaran tentang berapa banyak waktu yang telah berlalu (contoh: 5 menit bisa terasa seperti 20 menit, atau sebaliknya)
Timeline : Pengaturan bawah sadar dari kenangan masa lalu seseorang dan harapan masa depan. Khas,. ini sebagai “garis” gambar.
Third Position : Melihat/mengalami suatu peristiwa sebagai pengamat dari luar..
Triggers/Pemicu : Sesuatu yang dilihat, didengar, dirasakan, dll., yang “memicu” respons, dorongan, ingatan, atau emosi, dll., seperti memutar kunci di mobil mungkin “memicu” perokok untuk menyalakan rokok.
Visual : Modalitas sensorik untuk melihat. .
Walking Hypnosis – Sebuah fenomena yang dapat terjadi kapan saja dan di banyak lingkungan (saat mengendarai mobil, membaca buku, dalam kuliah, dll.). Kadang-kadang disebut melamun atau zoning out. Lebih sering disebut sebagai Hipnosis Lingkungan.