Menghilangkan menunda

Perilaku menunda (Prokrastinasi atau procrastination) adalah suatu perilaku yang sebenarnya ada di setiap orang, namun dalam beberapa orang perilaku menunda ini terjadi lebih sering. dan secara psikologis menunda adalah suatu yang wajar. Dalam kehidupan modern ini saat semua orang sibuk untuk mengejar dan mewujudkan cita-cita dan goal/tujuan.

Manusia adalah mahluk kebiasaan atau dalam kelas saya sering menyebut sebagai autopilot. dimana seorang dalam melakukan aktifitas berdasarkan referensi atau tinjauan pengalaman baik dari dirisendiri atau dari orang lain. sejak kecil kita melihat-mendengar dan merasakan, terkadang juga mengecap dan mencium hal/dibaca sebagai kejadian, pengalaman dan informasi. semua referensi ini akan menjadi suatu alternatif bahkan pilihan utama dalam mengambil tindakan.

menunda adalah suatu perilaku yang sebanarnya dapat diatasi, dari dalam atau dari luar. dari luar biasanya berasal dari orang sekitar atau orang yang punya kepentingan, biasa perilaku menunda ini diatasi dengan reward vs punishment.

Secara bahasa, istilah prokrastinasi berasal dari bahasa Latin procrastination dengan awalan pro yang berarti mendukung maju atau bergerak maju dan akhiran crastinus yang berarti keputusan hari esok. Jadi prokrastinasi dapat diartikan menangguhkan atau menunda sampai hari berikutnya (Burka dan Yuen, 2008)