Desain Klinik Hipnosis/hypnotherapy

Pertama kali saya menggunakan nama Hipnoterapi Blitar, sebagai nama klinik kami, bersandingan dengan tempat pelatihan hipnoterapi kami bernama budiconsult, dan Pertanyaan pertama yang sering dicari bagi praktisi hipnoterapi adalah sebuah desain hipnoterapi room/clinic. ada 2 jenis ruang yang menjadi pilihan utama, yaitu ruangan dengan kursi therapy atau recliner dan ruangan dengan kursi konseling.

di Hipnoterapi Blitar ini setelah melihat di Internet dan majalah, bagaimana desain dari ruangan psikolog dan dokter akhirnya membuat semakin penasaran dengan desain klinik hipnosis/hipnoterapi karena saya tertarik memulai klinik pribadi saya sendiri. Salah satu pertimbangannya adalah saya sangat suka membantu kawan-kawan dan beberapa dari mereka membutuhkan ruangan yang private. dan cenderung untuk memiliki suasana yang sepi. pertama saya menggunakan ruang tamu di rumah orangtua saya untuk menerima teman-teman yang membutuhkan sesi curhat dan diskusi. kadang juga saya diajak makan sebelum oleh mereka diminta tolong mendengarkan keluh-kesah dan problem mereka.

2011 klinik Hipnoterapi Blitar berada di Kanigoro, dekat dengan jalan raya. dan ini ruangan terapi hipnosis pertama ada disebuah bagian dari rumah orangtua saya, dimana tersedia kursi terapi dan meja untuk sesi konseling. ruangan dengan warna abu-abu itu saya pergunakan kurang lebih 3 tahun, walau pernah berganti warna putih dan kuning. dan di dinding ada beberapa sertifikat pelatihan yang saya ikuti. salah satunya Sertifikat Certified Hypnotist dai Hypnosis Motivation Institute-USA di level fundamental hypnotherapy, 14 jam kelas online dan ini free di Tahun 2010, masih sangat jarang ada therapist di Kota kami. Ada lagi Sertifikat Fundamental dan Advanced Hypnotherapist dari YNSH-Yan Nurindra School of Hypnotism dan IBH, beserta beberapa foto waktu saya belajar bersama bapak Yan Nurindra dan pak Sydney Panjiagung ST. ruangan ini sebelumnya adalah garasi mobil dengan ukuran 4 x 2.7 meter. kursi terapi recliner saya pertama berwarna kuning, dan ini saya desain sendiri.

di tahun 2014 saya mulai memindahkan klinik terapi hipnoterapi Blitar di kanigoro ke Garum. tempat baru. salahsatu alasan pemindahan ini adalah adanya beberapa kesibukan baru yang membutuhkan perhatian khusus. di 2014 ini selama 2 tahun masih juga terkadang menggunakan fasilitas terapi di Kanigoro.

di tahun 2014 saya kembali menggunakan ruang terapi yang lebih sederhana dimana di ruangan ini hanya terdapat kursi tamu, lemari , kursi reliner (warna hitam – baru) dan kursi kerja. tahun 2014 lemari ini belum berisi buku, sebagaian buku saya masih di kanigoro. dan akhirnya buku pindah semua dan menempati lemari, beberapa diantaranya berisi buku karaya djakarta masgic center, buku Hypnotherapy (atau hypnosis untuk kedokteran) karya dr AJ hukom SPKJ, dan karya dari Adi W Gunawan. terdapat pula buku bertema teknologi pikiran misalnya karya sandy mcgregor, rh wiwoho dan adward de bono, anand krisna, dan lain-lain. kurang lebih buku saya di tahun 2014 30 judul buku. Di tahun 2022 ini buku sudah memenuhi lemari ini, dengan tidak kurang dari 300 judul buku dimana 40% diantaranya adalah buku yang belum 100% terbaca.

ruangan terapi di Hipnoterapi Blitar

Kembali tentang desain ruangan hipnoterapi untuk klinik hipnoterapi, desain ideal yang diterapkan di hipnoterapi Blitar adalah suatu tempat yang nyaman dan tenang. dimana ada pemisah antara ruang terapi dengan ruangan lainnya. terdapat juga beberapa alat pendukung untuk therapy misalnya audio system: Microphone condensor, professional microphone, mixer dll. dimana jika diperlukan maka saya menggunakan ini untuk membantu klien lebih dalam masuk dalam trans/hipnosis states.

secara pribadi saya menyebut ruangan atau klinik saya sebagai rumah/griya dibanding menyebutnya sebagai klinik, karena filosofi keluarga yang kami jalankan dimana klien dianggap sebagai seorang kawan lama yang berkunjung dan disambut dengan kekeluargaan. tidak jarang saya juga meminta klien saya membawa boneka, buku harian atau juga bantal yang menurut mereka sangat penting. bahkan secara pribadai saya memberikan suatu kebebasan untuk klien wanita untuk hadir dan terapi bersama teman atau kerabat. selain untuk terapi tidak jarang ini digunakan sebagai tempat baca dan belajar bagi kawan-kawan yang tertarik hipnoterapi dan melihat secara langsung bagaimana gelombang otak secara langsung. walaupun saya ada 1 ruangan lain yang khusus saya gunakan sebagai ruang kelas hipnoterapi.