Gangguan Psikosomatik, ini adalah…

selama ini banyak hipnoterapi yang memberikan klaim bahwa hipnoterapi dapat menyembuhkan psikosomatik. namun di kali ini saya akan membahas dari sudut pandang pribadi tanpa memberikan klaim, saya belajar hipnoterapi dari berbagai tokoh istimewa dan hingga kini masih belajar. salah satu aturan baku bagi seorang hipnoterapis adalah terkait pada bagaimana saya secara pribadi membantu dengan baik, dangan ilmu dan pengalaman. dan tidak sedikit saya masih sering konsultasi kepada mentor saya untuk kasus dengan isu yang baru. termasuk juga tentang Gangguan Psikosomatik. dan banyak informasi tentang psikosomatik saya pelajari dari buku-buku ilmu kedokteran dan psikologi.

Perkenalan saya dengan penjelasan terkait gangguan psikosomatik adalah dari buku W.M Roan, ijinkan saya untuk mengutip terkait psikomatik ini

Istilah ‘psikosomatik’ dipakai untuk menerangkan beberapa hal :

  1. Untuk menyatakan cara pendekatan klinik dalam ilmu kedokteran terhadap pernderita yang mencerminkan suatu azas holistik dimana manusia dianggap mempunyai tubuh dan jiwa yang keduanya akan menderita bila terdapat suatu penyakit. konsep perbedaan adanya penyakit yang melulu badaniah atau melulu jiwa tidak dapat diterima dalam pendekatan cara ini.
  2. Untuk menyatakan sekelompok penyakit atau sindroma yang dinyatakan dalam gangguan atau kerusakan jaringan fisik maupun fungsinya terutama gangguan fungsi susunan syaraf otonomik dimana faktor emosi memegang peranan yang penting.

dari kutipan yang panjang diatas sungguh menarik banyak hal yang luar biasa bagaimana kedokteran jiwa memiliki suatu alat yang lengkap untuk membantu pasiennya. disini saya menekankan pentingnya bertemu dan berkonsultasi terlebih dahulu tentang gangguan yang anda rasakan kepada dokter yang anda percaya.

hal terkait psikosomatik dan hypnosis, saya temukan pula dalam buku karya William Kroger bahwa “same psychosomatic disorder may be due to increased susceptibility of the contecx induced by partial cortical inhibition

selanjutnya temuan lebih lengkap tentang psikomatik saya peroleh dari membaca buku dr Andri SpKJ berjudul Psikosomatik, Apa dan Bagaimana? dari buku banyak memberikan gambaran yang lengkap bagaimana batasan dari saya pribadi. agar memberikan kepada yang lebih berkompeten dalam diagnosa dan tindakan kuratif yang wajib. sedangkan hipnoterapi adalah salahsatu bentuk dari psikoterapi, yang sebagain besar dokter juga sudah mengenal dan mempelajarinya.

Secara langsung saya secara pribadi selalu menyarankan kepada klien untuk terlebih dulu bertemu dengan dokter secara khusus untuk tahu kondisi sebenarnya dan saya secara pribadi sejak cuma membantu secara amatir, hingga menjadi pekerjaan saya ini, saya dengan penuh kepercayaan kepada dokter yang saya kenal secara pribadi agar mereka menjalani sesi dengan dokter terlebih dahulu. selanjutnya mereka akan tahu diagnosa terhadap gejala atau sindroma yang dirasakan. hal ini juga akan membantu menghilangkan diagnosa diri (Apa Itu Self-Diagnosis),dikutip dari hallodoc.dom “Self-diagnosis adalah mendiagnosis diri sendiri mengidap sebuah gangguan atau penyakit berdasarkan pengetahuan diri sendiri atau informasi yang didapatkan secara mandiri. Saat melakukan self-diagnosis, sebenarnya kamu sedang berasumsi seolah-olah kamu mengetahui masalah kesehatan yang dialami.”

Hal ini dapat menjadikan suatu perlu di luruskan, dan dokter adalah salah satu yang punya kompetensi, adapun yang lainnya adalah psikolog klinis. Hipnoterapis bertugas sebagai salah satu bentuk terapi pelengkap agar lebih mudah tercapai, dengan pendekatan olah-pikir (mengetahui -memahami-menguasai)

Macam-macam gangguan psikosomatik

Pustaka :

  • W.M.Roam.1979. Ilmu Kedokteran Jiwa.Psikiater.
  • William S. Kroger . 1977 . Clincal and experimental hypnosis in medicine, Dentistry, and psycology. Second Edition. J.B.Lippicott Company