Sejarah singkat hipnoterapi di Indonesia

Hipnosis dan hipnoterapi di Indonesia sebenarnya materi wajib bagi yang ingin mendalami hipnoterapi secara professional, kali ini semoga pembaga paham ini adalah persepsi saya pribadi, dengan berlandaskan berbagai bukti nyata dan hasil wawancara dari berbagai pihak, terimakasih kepada kawan-kawan dan para mentor yang bersedia untuk bercerita.

Menurut KBBI
Hipnosis (n): keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali
Hipnotis (a): dalam keadaan hipnosis; berhubungaan dengan hipnosis
Hipnotisme (n):
– tindakan yang menyebabkan hipnotis
– ilmu tentang hipnosis

sejarah penggunaan kata hipnotis, dalam bahasa aslinya hypnosis. namun karena khas orang indonesia menyamakan kata kerja dengan pelakunya sehingga menyamakan tentang hipnosis sebagai kata kerja dan hipnotis sebagai pelaku. tahun 1960 an ada sebuah tempat kursus hipnotisme bernama magic center atau djakarta magic center. dengan berbagai buku kursus singkat dalam bahasa indonesia dengan ejaan lama. salah satu yang paling istimewa adalah “Hypnotisme (Sidney Lawrence), Pedoman Hipnotisme, Hipnotism Praktis (Purnawidjdja), Hipnosis dan Hipnoterapi (Purnawidjaja), Hypnotisme (dr David Tracy dkk) dan masih banyak lagi. disamping itu Magic Center juga menyediakan kursus langsung dan juga yang bertema sulap/magic, beberapa judul buku dari Magic Center adalah alih bahasa dari karya djourgi . Disisi tempat yang berbeda di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI-Jakarta) dimulai diajarkan 1965 an mengajarkan hipnosis/hipnoterapi pada kalangan medis lebih tepatnya kepada Dokter. Beliau adalah Bpk dr Alex Jocub Hukom SpKJ. beliau layak disebut sebagai Tokoh Senior Hipnoterapi di Indonesia. bersama koleganya dr Tubagus Erwin Kusuma SpKJ. banyak sekali dokter yang memiliki keterampilan hipnoterapi ini namun sedikit yang secara terang-terangan mempraktikkannya. Hipnoterapi masih berkonsep otoritas penuh atau autoritarian, sehingga kesan kaku nya ini membuat banyak praktisi yang mendalami kursus singkat kesulitan, berbeda dengan yang di ajarkan oleh dr Hukom.

Mengutip dari buku ” Memanusiakan Manusia : Menata Jiwa Membangun bangsa Penulis Dr. Denny Thong SpKJ (2011), memperkuat temuan saya bahwa hipnoterapi sudah ada di Indonesia salah satunya dari dr Alex J. Hukom, SpKJ . dr Alex J. Hukom sendiri menulis beberapa buku antara lain Hypnotherapy (atau hypnosis kedokteran)– 1975, Yayasan Dharma Graha dan Analisis Transaksional -1990, FK UI.

Dari buku karya dr AJ Hukom dan Magic Center, masih ada banyak karya klasik yang ada di Indonesia yang belum tergalih, baik yang menggunakan judul hypnosis, hypnotisme, hipnoterapi, hipnosis untuk penyembuhan, dll bahkan beberapa buku terbitan dari luar negeri seperti Belanda, Ingris dan Amerika juga masuk ke Indonesia, secara pribadi saya memiliki beberapa buku antara lain :

  • Hypnotism Simplified : a practical and Easy Guide to Hypnotism – Stephen Martin, 1940
  • The Encyclopedia of Genuine Stage Hypnotism – Ormond Mcgill, 1947
  • New Master Course in Hypnotism – Harry Arons, 1955
  • Hypnotism and Power within – dr S.J Van Pelt, 1956
  • Hypnosis Fact and Fiction – F.L.Marcure, 1959
  • Hypnotic Reality – Milton H Erickson, Ernest Rossi & Sheila Rossi, 1976
  • Clinical and Experimental Hypnosis second Edition – William S.Kroger, 1977
  • Power Hypnosis – Piere Clement, 1979
  • My Voice Will Go with You: The Teaching Tales of Milton H. Erickson– Milton Erickson, by Sidney Rosen,1982

Sebagai praktisi hipnosis/hipnoterapi saya menyadari ini semua menjadi bukti otentik perkembangan Hypnotherapy di Indonesia, yang mungkin jarang di diketahui oleh banyak orang, dan bahkan trainer sekalipun jarang menggali sejarah hipnoterapi di Indonesia.

Salah satu yang istimewa dalam buku berbahasa ingris adalah My Voice Will Go with You: The Teaching Tales of Milton H. Erickson, karya Sidney Rosen, dimana ada subjudul yang membahas Trance in Bali. buku My Voice Will Go with You: The Teaching Tales of Milton H. Erickson sebenarnya adalah terbitan tahun 1926 dan sudah diterbitkan ulang, dan copy yang saya miliki adalah 1982.

Tahun 2000an hadir di Indonesia, Ibu Julie Griffin BCH, instruktur hipnosis klinis dan medis internasional yang terdaftar dan bersertifikat. Julie adalah direktur The Hypnotherapy Training Company dan The International Center for Hypnosis Education and Research. Dia adalah instruktur hipnoterapi bersertifikat melalui The American Board of Hypnotherapy, The International Association of Counselors and Therapist, dan National Guild of Hypnotists. mengajarkan Hypnotherapy / clinical hypnotherapy kepada psikolog, dokter, mahasiswa dan people helper. dan salah satu materi istimewa yang Julie Griffin miliki adalah pemahaman dan kemempuan luar biasa terkait dengan program self-hypnosis pelepasan endorfin alami, dan ini terbukti. (lebih lengkap silahkan kunjungi web beliau https://www.hypnosistoday.com/)

Di Indonesia antara lain Lidya Juardi Wilson (NGH Trainer) beliau adalah trainer pertama di Indonesia dengan standar NGH, kini menetap di Bali. Perusahaan Lidya Wilson adalah Blue Light International. Holistic Health & Wellness Sanctuary.

Salah satu nama yang luar biasa perannya adalah Bpk Purnawan EA, Hipnoterapis yang sudah praktik sejak 1980an, beliau memiliki pengalaman sebagai seorang guru fisika dan mengajar di Singapura. beliau adalah salah satu orang yang menerapkan metode modern yang sangat kuat.

Selanjutnya adalah Bpk Yan Nurindra, Beliau adalah presiden dari The Indonesian Board of Hypnotherapy dan secara pribadi mengajarkan hypnotherapy di Yan Nurindra School of Hypnotism. dari lembaga yang didirikan pak Yan Nuruindra ini menjadi Ilham berdirinya Perkumpulan Praktisi Hipnosis dan Hipnoterapi Indonesia (PRAHIPTI). Tak lepas pula Bpk Masruri, seorang penulis dari Pati, Jawatengah yang banyak menuliskan buku tentang metafisik, seni beladiri dan hipnosis. dan ada Adi W gunawan yang juga merupakan murid dari Bpk Yan Nurindra yang dengan antosias mempernalkan kelas Scientific EEG and Clinical hypnotherapy (SECH) dengan lembaga Quantum Hypnosis Indonesia (sekarang menjadi Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology) dan menjadi cikal bakal berdirinya Asosiasi Hipnosis Klinis Indonesia (AHKI)

dan untuk penutup cerita ini saya akan berterimakasih kepada Romy Rafael yang merupakan pioner pertunjukan hypnosis Indonesia, yang pertama kali muncul di SCTV tiap sore hari sabtu dan minggu, mengispirasi saya untuk belajar hypnosis.

–bersambung —