Hypnotic Coma, satu-satu kondisi hipnosis terdalam ?

mungkin artikel-artikel dalam blog ini lebih sebagai suatu catatan kecil saya untuk anda, dan pengingat untuk saya pribadi. kali ini saya mengajak anda berkenalan dengan hypnotic coma atau Coma States. salah satu catatan empirik dari kondisi ini adalah dari Dave Elman yang berusaha menjelaskan dan mempraktikkan kondisi yang dalam ini kepada dokter dan professional, akan kondisi coma ini, namun sebelum berfokus pada Dave Elman ada baiknya saya memperkenalkan dulu akan sejarah singkat dari Coma States ini, Tahun 1845 di India, datang seorang Dokter dari Inggris bernama James Esdale (1808-1859), beliau mempraktikkan Mezmerisme, dan mempergunakan teknik Mezmerisme ini untuk membantu dalam tindakan medis, salah satunya adaalah melakukan tindakan operasi serta jahitan, tanpa obat bius, tanpa jeritan bahkan kesakitan dari pasiennya. Esdale berhasil membuat para pasiennya untuk masuk ke dalam kondisi mirip dengan keadaan koma (Coma) dalam medis.

Sehingga Coma States ini juga dikenal sebagai Esdale States. adapun beberapa ciri dari kedalaman ini adalah :

  1. Euforia Mental
  2. Relaksassi Fisik Sempurna
  3. Anestesia Total
  4. Non-Sugestif

Hypnotic Coma bukanlah satu-satunya keadaan hipnosis terdalam, beberapa ilmuan dan sekaligus hipnoterapi juga ada yang menemukan kondisi lebih dalam dari hypnotic coma.

Dengan hypnotic Coma, hipnoterapis akan lebih mudah memciptakan suatu jalan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik, emosi dan jiwa.

Dave Elman (1900-1967) adalah seorang hipnoterapis yang terkenal di Amerika  dan juga dijelaskan dalam bukunya Hypnotherapy – An Exploratiory Casebook menyebut Esdale States (level Esdale) dan ada yang lebih dalam yaitu Katatonik (Catatonic) states, dimana tubuh menjadi sangat kaku, tapi bukan akibat dari pemberian sugesti. dan Dave Elman mengungkapkan masih adalagi kedalam hypnosis selanjutnya,

setelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *